Cara Menghemat Baterai Samsung Galaxy

Sebagian besar pengguna smartphone pasti menginginkan fitur yang terbaik untuk perangkatnya, layar yang lebih besar dan menggunakan teknologi terkini, processor yang lebih cepat, kapasitas RAM yang lebih tinggi dan berbagai fitur konektivitas nirkabel seperti Wi-Fi, 3G, NFC dan seterusnya, kata “yang terbaik” sepertinya tidak mempunyai batasan, kita selalu menginginkan sesuatu yang lebih daripada yang ada sekarang.

Namun sayang teknologi baterai tidak mampu mengimbangi cepatnya perkembangan komponen lain, sehingga seringkali kita berada pada situasi dimana smartphone kehabisan daya di saat yang tidak tepat.

Dalam artikel ini kami akan memberikan tips-tips, bagaimana cara menghemat baterai pada samsung galaxy anda atau memaksimalkan penggunaan daya baterai. Tapi tentu saja dengan mengikuti tips cara penghemat battery dalam artikel ini, tidak semerta-merta melipatgandakan daya baterai Samsung Galaxy anda.

Cara menghemat daya baterai pada Samsung Galaxy.

tutorial menghemat baterai samsung

Matikan suara dan getaran yang tidak perlu

Suara atau nada yang tidak perlu yang dimaksud disini seperti, suara saat anda men-tap sebuah tombol, membuka lockscreen.

Begitu juga dengan getaran getaran halus saat anda men-tap sebuah tombol. Nada dan getaran halus yang muncul saat anda men-tap sebuah tombol sebenarnya konfirmasi bahwa anda telah sukses menekan sebuah tombol, tentu hal yang seperti itu sudah tidak diperlukan lagi.

Nada dan getaran halus yang muncul, tetap saja menggunakan daya baterai, memang daya yang digunakan kecil tetapi jika dilakukan berulang ulang tetap saja menjadi boros dalam penggunaan daya baterai.

Begitu juga dengan notifikasi untuk panggilan, sms ,email yang masuk atau notifikasi aplikasi serta notifikasi dari media sosial facebook atau twitter.

Gunakan ringtone atau nada notifikasi yang pendek. Tidak perlu menggunakan nada yang panjang apalagi jika menggunakan satu lagu dari awal sampai akhir, sangat tidak perlu.

Selain tidak perlu menggunakan nada dan getar sekaligus sebagai tanda notifikasi, cukup gunakan satu jenis untuk notifikasi nada atau getar jangan gunakan keduanya.

Sesuaikan tingkat kecerahan layar

Cara Menghemat Baterai

Layar merupakan pengkonsumsi daya baterai yang paling besar pada smartphone. Semakin besar layar semakin banyak daya baterai yang digunakan.

Menurunkan kecerahan layar sampai titik terendah di mana anda masih dapat melihat dengan baik informasi yang terdapat pada layar merupakan solusi terbaik untuk menghemat penggunaan daya baterai pada layar.

Jika smartphone anda telah dilengkapi dengan pengaturan kecerahan otomatis, abaikan dulu jika anda berencana untuk menggunakan smartphone anda terus menerus untuk waktu yang lama.

Atur Screen TimeOut

pengaturan time out

Screen TimeOut adalah waktu tunggu sebelum layar dimatikan secara otomatis saat ponsel tidak digunakan. Semua smartphone atau tablet android memiliki fitur ini.

Seperti yang telah disebutkan di atas, layar adalah pengkonsumsi daya baterai yang paling banyak. Jadi mengatur nilai ketingkat minimal untuk fitur ini akan menghemat daya baterai secara signifikan.

Jadi fitur Screen TimeOut dapat menghemat daya baterai jika diatur dengan benar, saran kami atur fitur ini pada durasi 10 atau 15 detik.

Email dan Account

Tanpa sepengetahuan Anda, aplikasi email dan account terus menguras baterai karena mereka berusaha untuk melakukan sinkronisasi dan menarik data keponsel.

Jika Anda tidak terlalu sering menggunakan email, buka aplikasi email kemudian dalam menu pengaturan atur frekuensi sinkronisasi untuk “tidak pernah” atau “manual.”

Untuk akun lain seperti Facebook dan Twitter, masuk ke dalam pengaturan aplikasi dan menerapkan hal yang sama. Atau, buka menu setting dan nonaktifkan fitur auto-sync.

Task Manager

Sistem operasi android telah didesain untuk melakukan manajemen memori dengan baik, sehingga sebenarnya smartphone anda tidak membutuhkan lagi aplikasi taks manager tambahan, karena telah mempunyai aplikasi task manager sendiri.

Tekan dan tahan tombol Home untuk membuka task manager pada samsung galaxy.

Disini anda akan melihat aplikasi yang sedang berjalan, sapu aplikasi tersebut kekiri atau kekanan untuk menutupnya.

Gunakan tombol “Back”

Jika anda telah selesai menggunakan sebuah aplikasi gunakan tombol back untuk kembali ke homescreen, jangan gunakan tombol “Home” kecuali jika aplikasi tersebut akan digunakan lagi.

Saat tombol back digunakan aplikasi yang terbuka akan ditutup sedangkan jika menggunakan tombol home” aplikasi tersebut akan tetap berjalan dan akan memakan memori dan baterai.

Periksa pengguanaan daya baterai aplikasi

Secara teratur memonitor aplikasi Anda untuk melihat mana yang mengkonsumsi daya baterai.

Klik “Settings> Battery” untuk melihat aplikasi mana pelakunya. Hapus aplikasi yang tidak diperlukan terutama aplikasi yang senantiasa melakukan koneksi ke internet.

Isi ulang baterai Samsung Galaxy anda dengan benar

Mengisi ulang daya baterai dengan benar adalah sedikit lebih rumit dari yang mungkin anda bayangkan.

Mengisi baterai dengan cara yang benar akan membantu meningkatkan masa pakai baterai untuk tetap bekerja sebagaimana mestinya untuk waktu yang lama.

Hindari menghabiskan daya baterai sampai benar-benar habis, isi ulang segera saat telah muncul notifikasi bahwa daya baterai telah habis.

Namun sekali dalam sebulan anda harus benar-benar menguras daya baterai sampai habis, kemudian mengisi ulang tanpa terputus sampai penuh untuk menjaga kinerja optimal dari baterai.

Tapi yang anda perlu perhatikan menguras daya baterai dengan cara yang tidak tepat malah akan membuat umur baterai semakin pendek.

Cara yang benar untuk menguras isi baterai Samsung Galaxy anda adalah setelah daya telah mencapai 5 persen, naikkan tingkat kecerahan layar kelevel maksimal, matikan semua koneksi wireless, biarkan layar tetap menyala sampai akhirnya smartphone mematikan dirinya sendiri karena kehabisan daya.

Jadi, ingat selalu melakukan satu siklus penuh pengisian baterai dapat memperpanjang masa pakai baterai samsung galaxy anda.

Perhatikan Suhu

Suhu yang panas akan melepaskan daya baterai dengan lebih cepat, dan baterai Lithium-ion tidak cocok dengan suhu panas. Hindari ponsel anda terkena sinar matahari langsung dalam jangka waktu yang lama.

Live Wallpaper

Animasi live wallpaper memang kelihatan indah dilayar dan dapat membuat homescreen menjadi lebih hidup, menyenangkan dan tidak membosankan.

Namun dibalik itu, live wallpaper menambah konsumsi layar akan daya baterai. Jadi jika anda ingin menghemat penggunaan baterai gunakan wallpaper standar, yang berwarna gelap lebih baik terutama jika ponsel anda menggunakan layar Super AMOLED.

Aplikasi Pihak Ketiga

Hati-hati jika anda menginstal aplikasi pihak ketiga yang dapat mempengaruhi kinerja baterai seperti aplikasi task manager dan aplikasi penghemat baterai.

Beberapa aplikasi dibuat dengan kualitas yang kurang baik yang dalam jangka panjang melakukan kebalikan dari fungsinya, bukannya menghemat malahan menguras daya baterai.

Gunakan task manager dan penghemat daya bawaan ponsel Samsung anda.

Power Saving Mode

power saving mode

Jika Samsung Galaxy anda dilengkapi dengan fitur Power Saving Mode, gunakan jika daya baterai mulai berkurang, untuk memperpanjang pemakaiannya.

Fitur ini akan menon-aktifkan semua koneksi wireless , menghentikan sinkronisasi yang dilakukan aplikasi dibelakang layar, mengurangi kecerahan layar dengan tujuan untuk menghemat daya baterai.

Restart secara teratur

Setiap kali mengisi ulang baterai smartphone anda, jangan lupa untuk merestartnya juga.

Hal ini berfungsi untuk membebaskan memori dari aplikasi-aplikasi yang masih berjalan dibelakang layar, seperti proses update yang berlangsung lama karena koneksi jaringan yang kurang baik.

Matikan GPS, Koneksi Data, Bluetooth, Wi-FI jika tidak digunakan

GPS jika digunakan merupakan salah satu penguras daya baterai, sama halnya dengan koneksi data 3G.

Browsing internet dan menggunakan google map merupakan salah satu aktivitas yang sangat menguras baterai.

Jadi jika tidak digunakan matikan GPS, ubah mode jaringan dari 3G ke 2G, hal ini akan menghemat banyak daya baterai. Hal yang sama dengan koneksi bluetooth wifi atau nfc, matikan dengan segera jika tidak diperlukan.

Kompres data

Beberapa browser dapat mengkompres data sebelum mengirimkannya, hal ini akan mempercepat proses loading sebuah halaman web sehingga dapat menghemat daya baterai lebih banyak.

Jika anda menggunakan Chrome sebagai browser, atur dengan masuk ke:

  • “Settings > Bandwidth Management > Reduce Data Usage.”

Demikian cara menghemat baterai pada Samsung Galaxy yang disadur dari situs hpsamsung.com.

Jika anda dapat melakukan dengan baik semua tips diatas maka minimal akan dapat memperpanjang penggunaan baterai selama 4 sampai 5 jam.